MAKALAH TINJAUAN MANAJEMEN USAHA
MAKALAH TINJAUAN MANAJEMEN USAHA
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
NAMA : MELDA AFRIYANTI
NIM : 0319056
KELAS : AKUNTANSI B REG PAGI SMT 3
STIE PGRI SUKABUMI
Jl. Pramuka II No.10, Cikondang, Kec. Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142
2021
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas nikmat sehat yang telah memberi petunjuk dan ridho-nya sehingga penyusunan laporan dapat di selesaikan dengan baik. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Iwan Rizal Setiawan selaku dosen mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang telah memberi bimbingan dan masukan yang sangat berguna bagi saya dalam menyelesaikan laporan ini.
Laporan ini menetapkan usaha yang akan dijalani untuk tugas ini, yaitu usaha yang bergerak dalam bidang kuliner dengan menjual produk Bakso Pentol Seuhah, dimana objek pasar yang cukup baik dan signifikan. Dalam penyusunan laporan ini, saya menyadari sepenuhnya bahwa masih terdapat kelemahan dan kekurangan dalam laporan ini dalam penyajiannya, hal tersebut karena masih terbatasnya kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat. Segala kritik dan saran yang bersifat membangun sangat di harapkan. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih.
Sukabumi, 11 Februari 2021
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ........................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah....................................................................................... 1
C. Tujuan Penelitian ........................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Profil Perusahaan ....................................................................................... 2
B. Analisis Sumber Daya Manusia ................................................................. 2
C. Analisis Enterprise Resources Planning (ERP) ......................................... 5
D. Analisis Keuangan pada periodik tertentu ................................................ 6
E. Analisis SWOT ......................................................................................... 9
F. Analisis Risiko .......................................................................................... 13
G. Analisis Pemasaran .................................................................................. 14
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ............................................................................................. 16
B. Saran ....................................................................................................... 16
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................ 17
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada zaman modern ini sulitnya mencari pekerjaan menyebabkan banyaknya pengangguran, Hal inilah yang menyebabkan seseorang membuat usaha bisnis. Usaha bisnis tidak mesti besar akan tetapi usaha kecil menengah (UKM) pun sudah dapat mengurangi jumlah pengangguran di zaman sekarang ini. Usaha bisnis yang paling di butuhkan oleh masyarakat adalah dalam hal makanan karena makanan merupakan suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh manusia.
Seiring dengan perkembangan zaman dapat dilihat selama ini banyaknya masyarakat yang menyukai atau menggemari makanan yang cepat saji (instan), maka di masa ini banyak sekali seorang produsen atau pedagang yang menjual makanan yang cepat saji atau bisa disebut juga makanan yang instant. Hal ini sangat berhubungan dengan dunia bisnis.
Sehingga masyarakat mempunyai banyak pilihan makanan yang ingin mereka konsumsi. Dalam usaha ini kami menawarkan jenis makanan berbentuk bakso menunda lapar yang sering ditemui dipinggir-pinggir jalan, warung-warung didepan rumahan maupun di restaurant, dan rumah makan yang ternama khususnya di kota Sukabumi ini.
Dilatar belakangi realita tersebut, maka kami ingin membuka suatu usaha berupa kedai yang dominan dengan makanan bakso, yang dimana kedai tersebut kami beri nama “Bakso Pentol Seuhah”. Kami memilih membangun usaha ini karena menurut kami ini akan menguntungkan karena peminatnya bukan hanya masyarakat kalangan atas saja namun masyarakat kalangan bawah pun dapat menikmatinya karena disini kami menyediakan berbagai menu bakso dengan harga yang terjangkau dan rasa yang di jamin kelezatannya.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana Analisis Sumber Daya Manusia?
2. Bagaimana Analisis Enterprise Resources Planning?
3. Bagaimana Analisis Keuangan pada periodik tertentu?
4. Bagaimana Analisis SWOT?
5. Bagaimana Analisis Risiko?
6. Bagaimana Analisis Pemasaran?
C. Tujuan Penelitian
1. Mengetahui Analisis Sumber Daya Manusia
2. Mengetahui Analisis Enterprise Resources Planning
3. Mengetahui Analisis Keuangan pada periodik tertentu
4. Mengetahui Analisis SWOT
5. Mengetahui Analisis Risiko
6. Mengetahui Analisis Pemasaran
BAB II
PEMBAHASAN
PT. Wara-wiri Kuliner
A. Profil Perusahaan
Wara-wiri Kuliner didirikan pada 10 April 2020 yang berlokasi di Kota Sukabumi. Wara-wiri Kuliner merupakan sebuah perusahaan yang bergerak sebagai perusahaan Home Industry dalam bidang kuliner ringan, produk yang dihasilkannya adalah “bakso pentol seuhah”. Usaha ini didirikan karena melihat pada saat ini banyak sekali makanan yang baru dan produk Bakso Pentol Seuhah ini belum banyak yang menjualnya, sehingga Wara-wiri Kuliner membuat ide untuk menjual produk tersebut.
Produk yang dihasilkan oleh Wara-wiri Kuliner adalah “Bakso Pentol Seuhah” yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa terutama bagi pecinta pedas.. Produk ini pun bisa dimakan kapan saja, dan dapatkan dijadikan sebagai pengganjal disaat lapar ataupun dijadikan sebagai lauk ketika makan nasi. Produk ini mempunyai berbagai macam topping seperti : sosis, tulang, ceker, siomay, dll.
VISI
“Menghasilkan produk yang berkualitas, sehat dan dapat memuaskan konsumen.”
MISI
1. Melakukan pembuatan makanan yang sehat.
2. Menjalin kerjasama yang baik dengan seluruh pihak yang bersangkutan.
3. Menjual produk dengan harga terjangkau.
B. Analisis Sumber Daya Manusia
Wara-wiri Kuliner memiliki beberapa staff yang mempunyai skill yang bagus untuk menjadikan Wara-wiri Kuliner sebagai perusahaan home Industry yang terkemuka.
Dibawah ini merupakan beberapa staff yang ada di Perusahaan Wara-wiri Kuliner beserta dengan Jobdesk nya :
1. Staff Administrasi
Staff Administrasi harus bisa melakukan pengorganisasian data dan dokumen perusahaan secara rapi. Sehingga ketika perusahaan membutuhkan data dan dokumen tesebut bisa segera diambil.
Berikut ini merupakan beberapa jobdesk yang dimiliki oleh Staff Administrasi :
a. Merekap data pemesanan barang.
b. Mengklaim semua pembayaran baik pengeluaran maupun pemasukan.
c. Memesan barang yang sudah habis.
2. Staff IT
Staff IT memiliki tugas utama yaitu merawat software, hardware dan komputer yang ada di dalam perusahaan. Dibawah ini merupakan beberapa jobdesk yang harus dilakukan oleh staff IT diantaranya adalah :
a. Memastikan komputer yang digunakan oleh karyawan dalam keadaan baik dan berfungsi dengan normal.
b. Memastikan keamanan data yang tersimpan di dalam komputer.
c. Mengecek dan melakukan perbaikan terhadap jaringan komputer yang mengalami masalah.
d. Melakukan berbagai promosi produk di sosial Media.
3. Staff Produksi
Staff produksi memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan proses produksi dan kualitas produk yang ditentukan oleh perusahaan.
Beberapa jobdesk yang dimiliki oleh seorang staff produksi diantaranya adalah:
a. Mengontrol proses produksi
b. Melaksanakan pengontrolan bahan baku yang digunakan.
c. Memeriksa jumlah stok barang yang ada
Penilaian terhadap berbagai Jobdesk dari beberapa staff di atas :
• STAFF ADMINISTRASI
STAFF
ADMINISTRASI |
|
Merekap data pemesanan barang |
|
|
Sangat tidak setuju |
|
Tidak setuju |
|
Ragu-Ragu |
• |
Setuju |
|
Sangat Setuju |
Mengklaim semua pengeluaran dan
pemasukan |
|
|
Sangat tidak setuju |
|
Tidak setuju |
|
Ragu-Ragu |
|
Setuju |
• |
Sangat Setuju |
Melakukan pemesanan barang yang
sudah habis |
|
|
Sangat tidak setuju |
|
Tidak setuju |
Ragu-Ragu |
|
• |
Setuju |
|
Sangat Setuju |
• STAFF IT
• STAFF PRODUKSI
C. Analisis Enterprise Resources Planning (ERP)
Enterprise Resources Planning (ERP) adalah sistem informasi yang berorientasi akuntansi untuk mengidentifikasikan dan merencanakan sumber daya perusahaan untuk membuat, mengirim dan memperhitungkan pesanan pelanggan.
Material Requirement Planning (MRP) merupakan sistem yang dirancang untuk kepentingan perusahaan yang mudah dipahami untuk memecahkan masalah-masalah yang terkait dengan produksi. Berikut ini merupakan prediksi ERP-MRP dari Home Industry Bakso Pentol Seuhah :
Bisa kita lihat dari data diatas bahwa Home Industry Bakso Pentol Seuhah untuk menghasilkan 1 cup kue membutuhkan dana sebesar Rp. 9.767,- dan mereka juga mengambil keuntungan sebesar 50%.
D. Analisis Keuangan Pada Periodik Tertentu
Laporan Keuangan pada Home Industry Bakso Pentol Seuhah pada bulan Mei :
PT. Wara-wiri Kuliner
Laporan Posisi Keuangan (Rugi/Laba)
Pendapatan
Penjualan 7,500,000
Harga Pokok Penjualan
Harga Pokok Penjualan 1,980,000
Beban-Beban
Beban Gaji Pegawai 3,000,000
Beban Iklan 250,000
Beban Listrik & Air 550,000
Beban Penyusutan 1,000,000
Beban Lain-Lain 150,000 +
6,930,000 -
570,000
Dapat kita lihat dari laporan posisi keuangan Home Industry Bakso Pentol Seuhah pada bulan Mei bahwa perusahaan ini mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 570.000,- dengan mengambil keuntungan sebesar 50%.
E. Analisis SWOT
SWOT merupakan teknik untuk menganalisa keempat aspek penting dalam sebuah organisasi bisnis. Hasil analisis SWOT ini sendiri dapat dimanfaatkan salah satunya untuk menyusun strategi pengembangan yang tepat di masa yang akan datang.
Analisis SWOT merupakan suatu analisa terhadap lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan dimana analisa internal lebih menitikberatkan pada kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness). Sedangkan analisa eksternal untuk menggali dan mengidentifikasi semua gejala peluang (opportunity) yang ada dan yang akan datang serta ancaman (threat) dari adanya/ kemungkinan adanya pesaing maupun calon pesaing.
- KEKUATAN (STRENGHT)
• Tersedianya berbagai macam level dan topping yang berbeda dengan produk bakso yang lainnya. Biaya produksi yang rendah, sehingga dapat memberikan tawaran harga yang paling baik bagi para pelanggan.
• Kualitas dari bahan yang digunakan dalam proses pembuatan merupakan bahan yang berkualitas paling bagus.
• Menyediakan produk dalam bentuk kemasan yang siap untuk disantap.
• Menjalin hubungan yang baik dengan para supplier bahan produksi.
- KELEMAHAN (WEAKNESS)
• Produk yang dihasilkan tidak tahan lama.
• Branding dari bakso pentol seuhah ini belum terlalu dikenal khalayak ramai.
• Usaha bakso pentol seuhah ini menggunakan modal sendiri yang membuat usaha ini memiliki keterbatasan dalam hal permodalan.
• Kendaraan operasional yang terbatas.
• Produk yang dihasilkan masih menggunakan tenaga manual yaitu masih menggunakan tangan dalam proses pembuatannya.
• Harga bahan baku produksi sering berubah-ubah.
- PELUANG (OPPORTUNITIES)
• Belum adanya pesaing yang menjual produk sejenis.
• Besarnya tingkat minat dan keinginan masyarakat terhadap kuliner-kuliner yang baru.
• Kebanyakan konsumen lebih memilih mengkonsumsi makanan yang tidak ribet.
• Pengembangan media promosi melalui berbagai media sosial.
• Mengembangkan produk yang baru dengan mempertahanan cita rasa yang khas.
- ANCAMAN (THREATS)
• Munculnya pesaing baru yang datang dan memiliki inovasi yang lebih menarik yang dapat mengalihkan perhatian para konsumen terhadap produk kita.
• Munculnya pesaing yang baru jika produk kita disukai oleh banyak orang.
• Kemungkinan harga yang ditawarkan oleh pesaing lebih murah.
• Selera konsumen yang berbeda-beda yang dapat menyebabkan adanya kemungkinan produk bakso pentol ini dapat kurang diterima oleh masyarakat.
MATRIK SWOT
Matrik SWOT digunakan untuk menyusun strategi organisasi atau usaha yang menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman yang dihadapi dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.
Matrik ini menghasilkan empat kemungkinan alternatif strategi yaitu :
- Strategi S-O
- Strategi W-O
- Strategi S-T
- Strategi W-T
Berikut ini merupakan analisis ke-empat alternatif strategi tersebut pada usaha Bakso Pentol Seuhah :
- STRATEGI S-O
• Memperluas jaringan pendistribusian pesanan.
• Membuat varian topping baru dengan mengikuti tren setiap tahunnya dengan tetap menampilkan cita rasa yang khas dari Bakso Pentol Seuhah ini.
- STRATEGI W-O
• Mengembangkan media untuk promosi produk Bakso Pentol Seuhah dengan menggunakan media sosial.
• Memperluas jaringan distribusi pesanan dengan menambahkan kendaraan operasional untuk mempermudah dalam pendistribusian.
- STRATEGI S-T
• Mempertahankan kualitas dan harga agar tetap menjadi pilihan konsumen.
• Menjaga hubungan yang baik dengan para supplier untuk mengefisiensikan biaya dari bahan baku.
- STRATEGI W-T
• Mengamati produk dari para pesaing.
• Menjalin hubungan yang baik dengan para supplier.
• Mengembangkan media promosi agar produk Bakso Pentol Seuhah ini semakin dikenal oleh banyak orang
KEBIJAKAN UMUM
• Membangun hubungan yang baik dengan para supplier.
• Memperkuat daya saing dengan mengembangkan inovasi produk dengan kualitas yang terbaik.
• Mengembangkan media promosi melalui media sosial.
KEBIJAKAN TEKNIS
• Pengembangan varian topping Bakso Pentol Seuhah.
• Memantau aktivitas produksi para pesaing.
• Merespon atas tindakan pesaing dalam menetapkan harga produknya.
GRAFIK ANALISIS SWOT
Setelah kita melakukan analisis SWOT terhadap Bakso Pentol Seuhah kita dapat membuat grafik analisisnya. Berikut ini merupakan hasil dari grafik analisis SWOT Bakso Pentol Seuhah :
Dapat kita lihat dari grafik hasil analisis SWOT pada Home Industry Bakso Pentol Seuhah ini menunjukan bahwa perusahaan ini memiliki kekuatan dan peluang yag lebih tinggi dibandingkan dengan ancaman yang ada. Sehingga perusahaan dapat mengembangkan produknya dengan lebih baik lagi agar konsumen terus bertambah.
F. Analisis Manajemen Risiko
Setiap hal yang dijalani pasti memliki risikonya masing-masing, termasuk dengan bisnis dan perusahaan. Adanya risiko terkadang memberikan kekhawatiran tersendiri karena jika benar-benar terjadi maka akan membahayakan perusahaan. Untuk menghindarinya, perusahaan bisa menggunakan berbagai cara dengan manajemen resiko.
Manajemen resiko didefinisikan sebagai proses mengidentifikasi, memantau dan mengelola resiko potensial untuk meminimalkan dampak-dampak negatif yang mungkin ditimbulkan terhadap suatu perusahaan. Proses manajemen resiko yang efektif akan membantu mengidentifikasi risiko mana yang menjadi ancaman terbesar bagi perusahaan dan memberikan panduan untuk menangani risiko tersebut.
Setelah dilakukannya penelitian terhadap Home Industry Bakso Pentol Seuhah ini terdapat beberapa risiko yang mungkin terjadi pada saat kegiatan produksi maupun pemasarannya. Berikut ini merupakan beberapa risiko yang terjadi pada home industry Bakso Pentol Seuhah diantaranya :
1) Kekurangan pegawai bagian produksi.
2) Pekerja bagian produksi yang lupa menggunakan sarung tangan.
3) Terlambatnya pengiriman barang akibat hujan.
4) Kecelakaan dalam pengantaran barang ke konsumen.
5) Tidak adanya komunikasi dengan konsumen secara mendalam
6) Kesalahan dalam penginputan data pemesanan.
7) Terluka saat pembuatan produk.
8) Lupa mencek stok bahan baku.
9) Bahan baku yang dibutuhkan terkadang sulit dibeli
10) Produk yang tidak memenuhi standar
Setelah melihat risiko-risiko diatas, Home Industry ini bisa melakukan beberapa rekomendasi penanganan risiko agar mengurangi risiko tersebut. Dibawah ini adalah rekomendasi penanganan yang dapat dilakukan oleh Home Industry Bakso Pentol Seuhah apabila risiko tersebut terjadi :
1) Semua pegawai saling membantu dalam pembuatan produk.
2) Saling mengingatkan sebelum memasuki dapur produksi untuk menggunakan sarung tangan terlebih dahulu.
3) Menggunakan jas hujan saat pengiriman barang dan produk nya di simpan di box.
4) Lebih berhati-hati saat diperjalanan dan mentaati tata tertib lalu lintas dan selalu menggunakan helm saat berkendara.
5) Menjalin komunikasi dengan konsumen untuk mencari tahu apa yang konsumen inginkan.
6) Memeriksa kembali daftar data konsumen dengan benar sebelum pesanan diserahkan kebagian pengiriman.
7) Diingatkan untuk lebih berhati-hati dalam membuat produk agar tidak terluka.
8) Sebelum pulang bekerja alangkah baiknya apabila memeriksa kembali bahan baku yang tersedia.
9) Membeli dalam jumlah yang besar di awal sebelum memproduksi produk
10) Mendaur ulang produk atau bisa membuat produk baru.
Selanjutnya kita dapat melihat persentase kemungkinan risiko kerjadian dari Home Industry Bakso Pentol Seuhah.
Dari grafik diagram diatas dapat kita lihat bahwa persentase kemungkinan risiko kejadian terbesar adalah risiko likely atau risiko yang kadang terjadi sebesar 50%, ada risiko unlikely atau risiko yang jarang terjadi sebesar 30%, lalu ada risiko highly unlikely yaitu risiko yang sangat tidak mungkin terjadi sebesar 10%, dan terakhir ada risiko very likely atau risiko yang sangat mungkin terjadi sebesar 10%.
Selain itu dari analisis tersebut didapatkan juga risiko yang mungkin terjadi akibat dari kemungkinan kejadian risiko tersebut. Berikut ini merupakan grafik dari risiko terburuk Home Industry Bakso Pentol Seuhah.
Dari grafik diatas dapat kita simpulkan bahwa risiko Negligible injuries sama besar dengan Minor Injures yaitu berada pada angka 3, sedangkan risiko Major Injuries dan fatality berada di posisi yang sama yaitu pada angka 2.
G. Analisis Pemasaran
Dalam usaha ini produk yang dipasarkan yaitu berupa makanan “Bakso Pentol Seuhah” yang dipasarkan dengan keunggulan rasanya yang pedas dan bisa menyesuaikan tingkat kepedasan konsumen. Bakso Pentol Seuhah sangat cocok untuk cemilan, ataupun dijadikan sebagai lauk pauk ketika makan nasi supaya menambah energi dalam beraktivitas. Selain dapat dikonsumsi oleh orang dewasa bakso pentol ini bisa dikonsumsi oleh remaja yang menyukai pedas. Dalam pemasaran produk tentu harus menerapkan strategi yaitu “Product, Price, Promotion, Place”.
• Product
Produk yang dipasarkan harus senantiasa menekankan nilai ekonomis namun berkualitas tanpa mengesampingkan inovasi pada produk tersebut sehingga dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Terlebih lagi untuk menarik pelanggan juga harus memperhatikan keunikan kemasan sehingga produk tersebut memiliki karakter sendiri.
• Price
Dalam penetapan kebijakan harga saya melihat dari pasar yang ada. Kebanyakan pengusaha lainnya berlomba-lomba untuk memberikan harga yang relative lebih murah namun tidak memberikan kualitas produksi yang baik. Oleh karena itu, harga yang saya tetapkan berdasarkan kualitas produk dan varian topping yang beragam, seperti ceker, tulang, sosis, siomay, dll. Serta menyeimbangkan dengan harga bahan yang saya tambahkan. Dan harga masih terjangkau agar produk saya bisa dinikmati semua kalangan.
• Promotion
Promosi yang dilakukan untuk memasarkan produk bakso pentol ini yaitu secara mulut ke mulut dimulai dari rekan kerja, kampus, lingkungan kantor dan juga tetangga. Bisa juga dipasarkan melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Whatsapp. Dan menyebarkan brosur serta mengikuti bazaar lainnya.
• Place
Pendistribusian merupakan kegiatan klimaks dalam suatu usaha. Tergantung bagaimana cara kita melakukan distribusi agar produk bisa dikenal. Bisa dengan membuka lapak dipinggir jalan dengan memperhatikan pemda setempat yang memberikan izin untuk melakukan kegiatan usaha ditempat tersebut. Atau membuka kedai Bakso Pentol Seuhah di depan rumah.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Bakso Pentol Seuhah adalah bakso yang mempunyai rasa pedas, dengan berbagai macam topping dan level kepedasan yang dapat disesuaikan oleh konsumen. Proses pembuatan secara sederhana namun menghasilkan rasa yang enak, lezat, dan gurih. Usaha yang akan saya mulai ini merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena akan menghasilkan omset yang cukup tinggi dengan modal yang relative rendah. Namun untuk pengusaha pemula seperti saya harus mmiliki kecakapan dibidang marketing/pemasaran, Analisis SWOT, dan mampu berkelanjutan dan tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan. Dan tentunya saya akan terus melakukan inovasi dan mengandalkan kreatifitas untuk menciptakan varian rasa yang baru agar konsumen tidak merasa bosan dan menjadi pelanggan yang loyal.
B. Saran
Jangan pernah malu jika ingin memulai usaha baru, walaupun dari usaha kecil-kecilan karna dari proses usaha kecil itu kita dapat mengambil pelajaran sehingga dengan pelajaran itu dapat mengembangkan usaha tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik lagi.
DAFTAR PUSTAKA
https://meldaafriyanti.blogspot.com/?m=1
http://lifestyle.suararakyatnews.com/2020/11/19/45-resep-pentol-bakso-merecon-seuhah-lezat-sekali/
http://hartiniannda.blogspot.com/2016/05/proposal-usaha.html?m=1
Komentar
Posting Komentar